Sukses

Ridwan Kamil Protes Namanya Dicatut untuk Dukung Ahok

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memprotes sebuah akun media sosial yang memuat gambar dirinya dengan sebuah kalimat bernada dukungan terhadap bakal calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Melalui akun twitter @ridwankamil, pria yang biasa disapa Emil itu mengunggah sebuah foto bergambar dirinya dengan kalimat bertuliskan "Yang menolak Ahok karena dia Tionghoa adalah orang bodoh". Di gambar tersebut, juga tertulis nama akun media sosial @katakitaig dan @katakitatweet.

Emil mengunggah gambar tersebut bersamaan dengan keterangan bantahan yang ia buat. Di akun twitternya, Emil mengaku tak pernah mengeluarkan pernyataan seperti yang tertulis di gambar yang telah menjadi viral itu.

"Saya tidak pernah mengelarkan statemen/meme ini," ucap Ridwan melalui akun twitter @ridwankamil.

Emil pun meminta kepada seluruh pihak untuk tidak menyebarkan apalagi memodifikasi gambar tersebut untuk kepentingan politik. "Mohon siapapun yg membuat/menyebarkan agar menghentikan. nuhun," terang Emil.

Selain membuat bantahan, Emil juga merespon pengguna twitter lainnya yang mempertanyakan alasan dirinya membuat bantahan tersebut.

"Etika mengutip hrs sesuai yg diucapkan/tulis. jgn dikurangi dan jgn dilebihi. apalagi sdg ada pesta politik. pdhl saya netral," cuit Emil.

Dia juga sempat menanggapi pernyataan sebuah akun twiiter yang menyebut dirinya terlalu berlebihan dalam menanggapi gambar itu. "Tapi tdk usah lebay menanggapinya pak. Kita kan tau bapak sangat pluralis. Nuhun," ucap @LinaOlinz.

"yang lebay itu yang nulis dan ngedit photoshop utk kepentingan politik," balas @ridwankamil.