Sukses

Mimpi Sandiaga Uno Bangun Pembangkit Listrik Kecil dari Sampah

Liputan6.com, Jakarta - Sampah menjadi salah satu permasalahan yang belum ditemukan solusi terbaiknya. Budaya membuang sampah pada tempatnya sudah mulai luntur dan berdampak pada banjir di berbagai tempat.

Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bermimpi dapat membangun pembangkit listrik kecil di setiap wilayah di Jakarta. Bahan dasarnya dari sampah organik yang dibuang warga setiap harinya.

"Ada terobosan yang sedang kita pelajari mudah-mudahan disetujui sama Mas Anis, nanti 5 wilayah kita akan punya  pembangkit listrik kecil berbasis sampah organik yang akan menghasilkan listrik. Ini akan membantu juga untuk listrik di Jakarta," kata Sandi di Posko Pemenangan Anies-Sandi di Melawai, Jakarta Selatan, Kamis 13 Oktober 2016.

Sandi sangat prihatin dengan rendahnya kesadaran masyarakat terkait membuang sampah pada tempatnya. Bahkan, anggota tim sukses dirinya yang baru saja memberikan penyuluhan kepada para ibu di Kampung Rambutan dengan ringannya membuang sampah.

"Kalau itu bisa dilakukan, lahannya tidak terlalu luas itu mungkin bisa jadi salah satu terobosan," imbuh dia.

Untuk menanggulangi banjir, Sandi akan membuat sistem pengelolaan air mutakhir. Hujan dengan intensitas tinggi bisa mengakibatkan banjir. Di sisi lain, beberapa wilayah di Jakarta justru kesulitan memdapat air bersih seperti di kawasan Jakarta Utara.

"Saya kemarin baru ambil wudhu di Jakarta Utara asin airnya karena air tanahnya sangat tidak layak lagi. Jadi kalau kita punya sistem pengelolaan air kita akan inves besar-besaran di sistem pengelolaan air. Jadi DKI ke depan bisa memanfaatkan hujan itu dengan baik," pungkas Sandiaga.