Sukses

Menag Lukman Hakim Kumpulkan Tokoh Agama Bahas Pilkada Serentak

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumpulkan sejumlah pemuka agama untuk membahas soal Pilkada Serentak 2017.

"Kami sampaikan terima kasih berkenan hadir berbagi pengetahuan, masukan dan saran agar keagamaan dan kerukunan kita dapat dijaga semakin baik di masa mendatang," kata Lukman sebelum pertemuan tertutup di kantornya di Jakarta, Jumat (14/110/2016).

Hadir dalam pertemuan itu Ketua Umum MUI Maruf Amin, Ketum PP Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Muti dan tokoh Tionghoa Jaya Suprana.

Kemudian tokoh Walubi Suhadi Sendjaja, tokoh Matakin Uung Sendana Linggaraja, perwakilan STFT Driyarkarya Franz Magnis Suseno, perwakilan KWI Edy Purwanto dan lainnya.

Seperti dikutip dari Antara, Lukman mengatakan Pilkada 2017 memiliki dua aspek penting yaitu demokrasi dan integrasi. Dari sisi demokrasi, Lukman berharap agar pilkada meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Kemudian dari sisi integrasi, lanjut dia, agar pilkada dapat menyatukan bangsa yang majemuk.

Dia berharap pelaksanaan pilkada serentak ini sebagai pemersatu bangsa, bukan memecah belah. Lukman juga mengimbau agar masyarakat bisa menyikapi keragaman secara santun dan beradab.

"Bagaimana kita, nilai agama jadi dasar pedoman kita. Lalu nilai keagamaan untuk tidak justru mengoyak persaudaraan beragama dan berbangsa," ujar Lukman.