Sukses

GapleThon, Cara Unik Golkar Kampanyekan Ahok-Djarot

Liputan6.com, Jakarta Partai Golkar DKI Jakarta memiliki cara sendiri untuk mengampanyekan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Caranya, dengan menggelar lomba GapleThon. Perlombaan ini dipercaya bisa mendekatkan Partai Golkar dengan warga Jakarta.

"Ini juga bagian dari strategi kami memenangkan Ahok di Pilgub DKI Jakarta," kata Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Fayakhun Andriadi di Jakarta, Minggu 17 Oktober 2016.

Fayakhun mengatakan, partainya akan menggelar GapleThon selama beberapa bulan ke depan di 6 wilayah DKI Jakarta.

"Jumlah peserta yang bertahan di luar perkiraan Golkar Jakarta. Ternyata antusiasme mampu mengatasi keterbatasan ketahanan fisik," ujarnya.

Selain itu Fayakhun mengaku akan mendaftarkan hak cipta sistem permainan GapleThon pada Kemenkumham dalam waktu dekat.

Hal itu menyusul suksesnya pelaksanaan "Golkar GapleThon" menjelang HUT Golkar dan mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

"GapleThon adalah bentuk olahraga sebagai sarana guyub warga. Sistem permainan GapleThon merupakan ide orisinil dari Golkar DKI Jakarta, ini GapleThon perdana di dunia," ucap Fayakhun.

Anggota Komisi I DPR itu menjelaskan, yang akan dipatenkan bukanlah permainan gaple, karena itu adalah permainan rakyat. Namun yang dipatenkan adalah sistem permainan GapleThon.

"Saya menyakini GapleThon akan menjadi sistem lomba permainan gaple yang disukai oleh siapa pun. Karena itu, harus dilindungi agar tidak diklaim oleh pihak mana pun, termasuk negara luar," ujar Fayakhun.

Seperti dikutip dari Antara, Senin (17/10/2016) lomba GapleThon Golkar ini diikuti oleh 248 peserta. GapleThon ini adalah perlombaan bermain gaple nonstop selama 44 jam.

HUT DPD Golkar DKI Jakarta jatuh pada 20 Oktober 2016, perlombaan yang diikuti oleh orang tua maupun muda, wanita maupun pria akan memperebutkan 7 motor.

Permainan GapleThon itu dipilih untuk mengukur kekuatan masyarakat dalam bermain kartu polkadot.

Peserta yang beruntung mengikuti lomba itu adalah Hari Supriyanto (29 tahun) dari Kali Deres, Jakarta Barat. Dia dinyatakan sebagai juara Golkar GapleThon setelah melewati pertadingan selama 44 jam.