Sukses

Mendagri Siapkan Pelaksana Tugas Gubernur DKI, Siapa Dia?

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat akan bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2017. Dengan begitu, kursi pimpinan Ibu Kota kosong selama keduanya berkampanye.

Kekosongan itu nantinya akan diisi pelaksana tugas (plt) gubernur. Lalu siapa sosok pemimpin Jakarta saat Ahok-Djarot cuti kampanye?

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan pelaksana tugas bagi daerah yang kepala daerahnya ikut bertarung di pilkada.

"Untuk DKI, Aceh, Gorontalo, Banten, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, dan Papua Barat sudah kami siapkan," kata Tjahjo di Kantor Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Para pelaksana tugas ini baru akan diumumkan ketika KPUD setiap daerah mengumumkan bakal calon pasangan ini sah menjadi calon dan berhak mengikuti pilkada.

"Begitu diputuskan KPUD, semua sudah mengajukan cuti, termasuk Pak Ahok. Dia taat hukum juga. Segera kita putuskan satu hari setelah KPUD memutuskan dia sebagai calon yang sah," ujar Tjahjo.

Tjahjo menyatakan, untuk Sulawesi Barat dan Papua Barat ada pengecualian. Kepala daerah kedua provinsi tidak ikut bersaing di pilkada. Sehingga pelaksana tugas diumumkan belakangan.

Didesak soal sosok pelaksana tugas gubernur DKI, politikus senior PDIP itu menolak mengungkap sosok pemimpin sementara Jakarta itu.

"Nanti saja," pungkas Tjahjo.