Sukses

Budi Gunawan Jamin BIN Netral di Pilkada DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Polisi Budi Gunawan membantah mengeluarkan surat keputusan tentang pembentukan tim dari BIN untuk membantu memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat atau Ahok-Djarot di Pilkada DKI Jakarta.

Jenderal yang dikenal dengan panggilan BG ini menyebut, BIN tetap netral dalam setiap perhelatan pilkada di seluruh Indonesia, termasuk di DKI Jakarta.

"Enggak ada, kan udah kita jawab dari BIN. Dari BIN sudah menjawab itu (kabar BIN dukung Ahok di Pilkada DKI) tidak benar," ucap BG usai rapat tertutup dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Dia menjelaskan saat ini BIN tengah fokus memantau potensi kerusuhan di daerah rawan saat Pilkada Serentak. Pilkada Serentak akan berlangsung di 101 daerah di seluruh Indonesia. BIN, kata BG, akan mengantisipasi segala bentuk konflik yang mungkin timbul jelang, saat dan setelah pilkada digelar.

"KPU kan sudah mengeluarkan indeks daerah rawan, DKI kemudian Aceh, Papua. Nanti bisa dikonfirmasi ke KPU. Kalau kita sudah koordinasi dengan KPU untuk mengantisipasi titik titik kerawanan tadi," tandas BG.