Sukses

Dana Pengamanan Pilkada 2017 Capai Rp 923 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Polri mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 923 miliar untuk mengamankan Pilkada Serentak 2017. Dana itu diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di 101 wilayah yang mengadakan pilkada.

"Kalau diinventarisir di seluruh Indonesia 101 Pilkada itu, di angka Rp 923 miliar. Itu adalah kalkulasi nasional untuk pelaksanaan 101 wilayah Pilkada Serentak. Untuk pengamanan oleh Polda dan polres-polres," ucap Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar, di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Adapun persiapan yang dilakukan, lanjut dia, yaitu terkait administrasi di internal Polri. Selain itu, ada beberapa rencana operasi yang akan dilakukan Polri.

"Pelatihan praoperasi sudah dijalankan oleh Polri. Kemudian juga cipta kondisi masyarakat, itu dengan melakukan berbagai operasi kepolisian yang intinya adalah mewujudkan suasana kondusif di masyarakat," tegas Boy.

Karenanya, pada saat masa kampanye nanti, dia berharap semua pihak bisa menjaga keamanan. Tidak hanya di DKI, tapi di kota lainnya.

"Masing-masing daerah sudah menyiapkan jadwal kampanye yang telah ditetapkan oleh KPU jadi Kepolisian merujuk ke sana untuk pengamannya. Di masa tenang setelah itu pemungutan suara (PSU), penetapan calon terpilih dan kemudian pelantikan di tahun 2017, kita juga turut mengamankan," pungkas Boy.