Sukses

Permintaan Warga Saat Agus Susuri Kali Ciliwung

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono mengisi kampanye dengan menyusuri Kali Ciliwung hari ini. Agus datang ke bantaran Kali Ciliwung di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan, didampingi istrinya, Annisa Pohan.

Agenda menyusuri Kali Ciliwung diakui Agus sebagai bentuk tinjauan lapangan untuk memudahkan dirinya kelak saat menyusun program, jika terpilih menjadi gubernur. Sebelum turun menyusuri Kali Ciliwung, dia menyempatkan berdialog dengan warga sambil menanam mangga.

"Tolong dijaga baik-baik ya pohonnya. Hijaukan kembali bantaran kali," ujar Agus, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Warga Pejaten yang tinggal di dekat bantaran Kali Ciliwung menyambut baik kedatangan Agus. Mereka pun berpesan pada Agus agar fokus pada pelestarian alam jika terpilih jadi gubernur.

"Moga-moga kalau terpilih nanti orang bantaran enggak ditelantarin. Biar hijau lagi, enggak banjir. Bebas sampah," ujar Suyanto, salah satu warga.

Ratna, warga Pejaten lainnya, berharap jika terpilih Agus dapat menata bantaran kali tanpa menggusur. Mereka berharap putra sulung presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu lebih mengedepankan penataan daripada penggusuran.

"Harapannya sih warga bantaran kayak kita gini enggak melulu digusur. Kalau ditata bisa, ya enggak perlu digusur. Bisa hidup berdampingan dengan kali," kata Ratna.

Di acara ini, Agus didampingi Komunitas Peduli Ciliwung. Bersama komunitas tersebut, kampanye dia menjadi ajang gerakan tanam pohon pinggir kali. Tak hanya pohon mangga, pohon bintaro dan sukun pun ditanam di pinggir Ciliwung.

"Bantaran kali itu enggak bisa sembarang tanaman bisa ditanam dan cocok. Nah, yang cocok itu mangga, bintaro, sama sukun," kata Royani, Ketua Komunitas Peduli Ciliwung.

Setelah menanam pohon, Agus beserta rombongan melanjutkan kegiatannya dengan menyusuri kali menggunakan perahu karet. Dengan kegiatan tersebut, dia berkesempatan langsung meninjau kondisi kali tersebut.

Susur kali dilakukan dengan rute terakhir di Bidara Cina, Jakarta Timur. Sesampainya di Bidara Cina, Agus melanjutkan dialog dengan warga setempat.