Sukses

Polda Batasi Hanya 300 Pendukung Masuk Ruang Debat Cagub

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta akan menggelar debat terbuka Cagub-Cawagub DKI periode 2017-2022. Debat resmi pertama ini akan dilakukan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Jumat 13 Januari 2017 malam.

Untuk mendukung lancarnya kegiatan tersebut, Polda Metro Jaya pun telah menyiapkan berbagai strategi pengamanan. Polisi sendiri telah berkoordinasi dengan masing-masing pasangan calon untuk turut menjaga ketertiban di acara tersebut.

"Kita akan berikan 100 orang (pendukung) untuk tiap pasangan calon yang boleh masuk (ke ruang debat). Jadi 300 (pendukung) di dalam, dan cukup. Kan nanti disiarkan di media," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan di kantornya, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Iriawan mengatakan kemungkinan jumlah pendukung yang hadir dari tiap-tiap pasangan calon akan membludak. Karena itu, polisi juga menyiapkan strategi pengamanan untuk pendukung yang tidak dapat masuk ke ruang debat.

"Kita lakukan penyekatan dan sudah komunikasi dengan timses masing-masing paslon. Kita sering berkomunikasi," beber dia.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu juga belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana pengamanan yang diterapkan di acara debat nanti. Termasuk terkait rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi debat kandidat.

"Nanti kita lihat situasi. Besok (Kamis 12 Januari 2017) kita akan simulasi pengamanan. Yang pasti kita lakukan pengamanan maksimal agar debat berjalan aman dan tertib," pungkas Iriawan.