Sukses

Cagub DKI Terpopuler Versi Survei Terbaru LSI Denny JA

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan, popularitas Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih tertinggi di mata masyarakat Jakarta. Hal itu berdasarkan penelitian terbaru pada Januari 2017.

"Ahok adalah kandidat calon gubernur yang paling populer," tutur peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (17/1/2017).

Ardian merinci, popularitas Ahok mencapai 99,1 persen. Tentu lebih tinggi dibandingkan Agus Harimurti Yudhoyono dengan 95,8 persen dan Anies Baswedan sebesar 93,8 persen.

Hanya saja, kata Ardian, ada ketimpangan antara popularitas dengan tingkat kesukaan warga Jakarta kepada Ahok. Ahok hanya disukai 58,0 persen oleh masyarakat Ibu Kota. Sementara, Agus 76,6 persen dan Anies 73,1 persen.

"Ucapan Ahok terkait Surat Al Maidah ayat 51 yang dianggap menista agama, merupakan faktor utama ketidaksukaan pemilih terhadap Ahok, sebesar 47,2 persen," kata dia.

Sebanyak 28,9 persen warga pun tidak menyukai gaya komunikasi Ahok. Mantan Bupati Belitung Timur itu juga dianggap tidak simpati terhadap rakyat kecil.

"Sebanyak 10,5 persen menyatakan mereka tidak menyukai Ahok, karena dinilai tidak berpihak pada rakyat kecil," Ardian menandaskan.

[Survei LSI Denny JA](LSI Denny JA "") tersebut dilakukan pada 5 hingga 11 Januari 2017. LSI Denny JA menggunakan 880 responden dengan cara tatap muka dan kuesioner.

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan margin of error lebih kurang 3,4 persen. Survei tersebut dibiayai menggunakan dana internal LSI Denny JA.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017
  • Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni adalah pasangan calon nomor urut satu untuk Pilkada DKI Jakarta 2017
    Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni adalah pasangan calon nomor urut satu untuk Pilkada DKI Jakarta 2017
    Agus Sylviana
  • Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Baswedan dan Sandiaga Uno merupakan bakal calon pasangan Kepala Daerah DKI Jakarta nomor urut 1
    Anies Sandiaga
  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017
    Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017
    Ahok Djarot
  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Ahok
Artikel Selanjutnya
Ditinggal Golkar-PDIP, Nasdem Tetap Usung Ridwan Kamil di Jabar
Artikel Selanjutnya
Ridwan Kamil Tunggu Dukungan 3 Parpol Ini untuk Pilkada Jabar