Sukses

Hasil Real Count KPUD Banten, Wahidin - Andika Menang Tipis

Liputan6.com, Serang - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Wahidin Halim - Andika Hazrumy menang sementara di Pilkada Banten. Hal ini berdasarkan hasil real count sementara KPUD Banten.

Berdasarkan data yang diambil dari situs KPUD Banten, hingga pagi ini Wahidin Halim - Andika Hazrumy meraih 50.92 persen atau 678.058 suara.

Sementara pasangan Rano Karno - Embay Mulya Syarief mendapatkan 49.08 persen atau 653.668 suara.

Namun, hanya 64,6 persen masyarakat Banten yang berpartisipasi dalam pilkada. Sementara suara tidak sah sebanyak 41.638.

Komisioner KPU Banten, Didih M. Sudi, meminta masyarakat Banten tak terpengaruh dengan hasil quick count yang dirilis oleh sejumlah lembaga survei dan ditayangkan di sejumlah media.

"Real count inilah yang jadi satu hal paling ditunggu masyarakat untuk menjawab keingintahuan dan menginginkan hasil penghitungan secara cepat dan akurat. Apa yang ditampilkan di real count itu dari penghitungan suara langsung di TPS," ujar Didih.

Menurut Didih, perhitungan cepat melakukan penghitungan dengan cara mengambil sampel Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari total 16.540, lembaga survei hanya mengambil beberapa buah TPS saja sebagai sampelnya.

"Karena kalau kita melihat quick count yang sudah dirilis itu sistemnya sampling, hanya mengambil beberapa TPS saja. Hampir semua lembaga selisihnya di bawah satu persen," ujar Didih.

Sementara, karena tipisnya perbedaan hasil quick count tersebut, Polda Banten meminta tambahan personel sebanyak dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) guna mencegah gangguan Kamtibmas.

"Personil saat ini kami tambah dari Mabes Polri supaya menambah kekutan kesiapan. Kita akan meminta bantuan sebanyak dua SSK. Yang jelas masyarakat tidak usah khawatir, silakan beraktivitas seperti biasa," kata Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Banten.

Tiga lembaga survei yang melakukan hitung cepat memperlihatkan pasangan Wahidin Halim - Dandika Hazrumy menang tipis dari pasangan Rano Karno - Embay Mulya Syarif.

1. LSI Network-LSKP
-WHAndika : 50,53%
-RKEmbay : 49,47%

2. Indobarometer
-WHAndika : 50,67%
-RKEmbay : 49,33%

3. Indikator Politik
-WHAndika : 50,33%
-RKEmbay. : 49,67%

Artikel Selanjutnya
Hasil dan Klasemen Liga 1 Pekan ke-22
Artikel Selanjutnya
Klasemen Liga 1: Borneo FC Tempel Persib