Sukses

Kubu Ahok - Anies Berebut Gaet PKB untuk Pilkada DKI Putaran Dua

Liputan6.com, Jakarta Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edi, mengaku partainya sudah dihubungi oleh kedua kudu partai politik pengusung Ahok - Djarot dan Anies - Sandi untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Hal tersebut setelah calon yang diusung PKB Agus-Sylvi hampir dipastikan tidak bisa mengikuti Pilkada DKI putaran kedua. Hal ini terlihat dari hasil hitung cepat beberapa lembaga survei.

"Permintaan ada dari tim Ahok - Djarot, permintaan untuk gabung juga ada dari Anies - Sandi. Dua-duanya mengajak kita, karena PKB menentukan ke mana PKB bergeser itu yang menang," kata Lukman Edy di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 16 Februari 2017.

Saat disinggung kemana ideologi PKB nanti pada putaran kedua, Lukman secara terang-terangan mengatakan, saat ini sudah tidak membicaran terkait ideologi partai. Sebab, PKB memiliki basis warga Nahdliyin atau NU dan pesantren.

"Enggak ada ideologi, ideologi kita sudah cair, semua nasionalis dan semua agamis, mana ada partai menyatakan tidak agamis sekarang. mana ada partai menyatakan tidak nasionalis, sekarang semua nasionalis. Jadi perkembangan politik kebangsaan kita seperti itu sudah semakin cair ideologi kita," ujar dia.

Untuk warga Nahdliyin sendiri, Lukman menerangkan, memiliki suara yang beragam terkait sikap PKB akan mendukung siapa di putaran kedua pilkada Ibu Kota.

"Konstituen kita ada yang minta Ahok - Djarot, ada juga yang minta ke Anis - Sandi. Tapi PKB ini posisi penting, ke mana PKB akan bergerak di situ kemenangan," kata Lukman.

Ia menambahkan, sebelum memutuskan mendukung siapa, PKB akan meminta pendapat kepada kiai-kiai sepuh yang memang memahami betul soal politik pilkada.

"Mekanisme PKB juga nanti mengajak beberapa kiai yang dianggap selama ini kita pakai untuk acara seperti ini. Nanti ada yang ditugaskan juga salat istikharah, ketua umum yang menentukan," tandas Lukman.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017
  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan
  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Ahok
  • PKB
Artikel Selanjutnya
PKB Tegaskan Dukung Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur
Artikel Selanjutnya
PKB Umumkan Usung Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar September Ini