Sukses

Menebak Langkah Partai Pengusung Agus - Sylvi di Putaran Kedua

Liputan6.com, Jakarta Pengamat politik dari Indobarometer Muhammad Qodari mengatakan, partai pengusung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni akan menentukan kemenangan di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Menurut dia, hubungan kurang baik antara Partai Demokrat dan PDIP akan sulit berkoalisi dengan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

"Kalau aspek pendukung Agus kecenderungannya lebih ke ikatan emosi, maka akan mendukung Anies. Tetapi kalau cenderung ke kepuasan kinerja boleh jadi ke Ahok," kata Muhammad Qodari di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 16 Februari 17.

Untuk PPP, PKB, dan PAN sebagai koalisi pemerintahan, kata dia, kemungkinan akan mendukung pasangan calon (paslon) nomor dua pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

"Ketiga partai ini adalah partai Islam, mereka akan menentukan untuk kampanye ke depannya. Kalau misalnya mereka dukung Ahok-Djarot maka akan sulit mengeksploitasi tune agama. Tetapi sebaliknya kalau ketiga partai ini dukung Anies-Sandi maka isu sentimen akan menguat," ujar dia.

Qodari mengatakan, berdasarkan hasil survei program pemberian Rp 1 milliar setiap RW dari Agus-Sylvi sangat populer.

"Sebagai pihak mayoritas ternyata masyarakat Jakarta tidak yakin akan program tersebut. Memasuki debat politik Pilkada DKI Jakarta, ternyata Anies lebih meyakinkan, dan masyarakat memilihnya," jelas Qodari.

Artikel Selanjutnya
PDIP Jateng: Kalau Mau Koalisi Pilkada, Datanglah ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
PKB Umumkan Usung Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar September Ini