Sukses

Ke Mana Suara Pendukung Agus - Sylvi di Putaran 2 Pilkada DKI?

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis 16 Februari malam kemarin, Ketua Komite Nasional Masyarakat Indonesia Alex Asmasoebrata, mengajak pendukung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, untuk mendukung pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI 2017 putaran dua.

Menurut juru bicara tim pemenangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Rico Rustumbi, pernyataan Alex tersebut bukan merupakan keputusan partai. Dia pun menyebut jika Alex tidak memahami strategi dari tim.

"Menurut saya, Alex ini tidak memahami strategi tim yang keputusannya kita akan konsolidasi terlebih dahulu ke dalam dan akan bersikap setelah kita finalkan konsolidasi," ucap Rico kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis, 16 Februari 2017 malam.

Tak hanya itu, Rico juga menyebut apa yang dilakukan Alex tersebut tersimpan sebuah agenda.

"Alex terkesan ada agenda sendiri, namun saya menyikapinya ini pribadi yang bersangkutan dan sejujurnya Alex relawan yang pada saat pemenangan Agus juga tidak ada suaranya," tutur Rico.

Rico pun tak ingin berkomentar banyak mengenai pengalihan suara pendukung Agus-Sylvi pada Pilkada DKI 2017. Dia meminta semua pihak untuk bersabar dan tidak berspekulasi. 

"Sabar, tunggu konsolidasi selesai nanti akan ada keputusan, kemarin baru kalah apakah pantas harus bikin statemen sekarang, putaran kedua masih lama tanggal 19 April, kita tunggu arahan selanjutnya dari koalisi partai," papar dia.

Meski begitu, Rico tak menampik jika pihaknya selalu membuka diri untuk berkomunikasi kepada tim Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Kami selalu bersikap untuk membuka komunikasi politik dengan paslon manapun yang masuk putaran kedua, namun kami masih menunggu arahan selanjutnya dari koalisi partai," ujar dia.

"Yang berkomunikasi di tingkat partai," tambah Rico.

Sebelumnya, Ketua Komite Nasional Masyarakat Indonesia (KNMI) Alex Asmasoebrata mengajak pendukung pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni untuk mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI 2017 putaran kedua.

KNMI merupakan bagian dari pendukung Agus-Sylvi di Pilkada DKI putaran pertama. Kini, mereka mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor urut 3 Anies - Sandi.

Momen pengalihan dukungan ini ditandai dengan pemasangan pin bergambar angka 3 yang dipasangkan Anies Baswedan di baju Alex. Selain KNMI, terlihat hadir pula kelompok relawan Agus Fans Club (AFC) Jakarta Selatan dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Demokrat Pesanggrahan.

"Setiap relawan itu punya kebebasan (untuk mendukung dan memilih)," ucap Alex.

Artikel Selanjutnya
KPU Luncurkan Tahapan Pilkada 2018, Pendaftaran Dimulai 1 Januari
Artikel Selanjutnya
Kecuali Aceh dan DKI, Mendagri Lantik Pemenang Pilkada Hari Ini