Sukses

Sandiaga soal Lift Jatuh: Perlu Ada Audit Rutin Fasilitas Publik

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan keprihatinannya atas musibah jatuhnya lift di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan, Jumat 17 Maret 2017 siang. Sebanyak 24 orang menjadi korban. 

"Ini sekali lagi pelajaran buat kita untuk melakukan secara rutin audit terhadap fasilitas apalagi yang dipakai oleh publik. Blok M Square ini kan salah satu yang dikelola cukup baik ya. Saya berulang kali ke sana karena dekat dengan Posko Melawai kita," ujar Sandiaga saat ditemui di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Maret 2017.

Dia menilai perlu ada pengecekan rutin terhadap fasilitas-fasilitas publik yang ada di Jakarta. Hal ini untuk mengetahui mana saja fasilitas publik yang masih layak dipakai dan mana yang sama sekali tidak bisa dipakai.

"Supaya ini tidak terulang lagi memang secara rutin audit fasilitas publik termasuk jembatan, JPO, dan lift itu harus jadi KPI/Key Performance Indicators dari tentunya baik pengelola maupun dinasnya," kata Sandiaga.

Sandiaga pun menyempatkan diri datang ke lokasi musibah jatuhnya lift di Blok M Square, Jakarta Selatan pada Jumat malam.

Lokasi musibah lift tersebut berjarak 200 meter dari Posko Relawan Sandiaga Uno di Melawai, Jakarta Selatan. Dengan berjalan kaki dari posko, Sandiaga bersama rombongan datang ke lokasi kejadian.

Dia mengatakan, bila nanti terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, ingin menerapkan inspeksi di tiap fasilitas publik.

"Biar tahu kapan terakhir diinspeksi dan batasnya sampai kapan. Biar sarana dan prasarananya bisa aman digunakan," Sandiaga menandaskan.