Sukses

Ridwan Kamil: Dari Sisi Etnisitas, Saya Sangat Sunda

Liputan6.com, Bandung - Ridwan Kamil resmi menyatakan dirinya akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 mendatang. Hal itu diungkapkan dalam deklarasi calon gubernur yang diusung Partai Nasdem di Lapangan Monumen Bandung Lautan Api (Tegalega), Bandung, Minggu (19/3/2017).

‎"Ini sebuah sejarah yang insya Allah membawa perubahan dan jalan terang kepada Provinsi Jawa Barat," tegas Ridwan Kamil saat deklarasi.

"Dengan rasa haru dan syukur yang tidak terhingga saya dapat kepercayaan dari warga Jabar yang diwakili oleh Partai Nasdem untuk mencalonkan saya mengikuti pemilihan Gubernur Jabar. Insya Allah dengan ikhtiar baik, upaya yang baik, dan dengan cara yang baik, akan dimenangkan yang baik," imbuh dia.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan dirinya merupakan keturunan Sunda murni.

"Saya datang dari keluarga pejuang, kakek saya Panglima Hisbullah di Jabar, Uwa (paman) saya yang gugur membela Indonesia membawa santri membela negara. Darah pejuang hadir dalam diri saya sehari-hari," ucap Emil haru.

"Saya bangga lahir di tanah air ini, saya sangat Sunda dari sisi etnisitas. Kedua orangtua saya lahir di Jawa Barat, dan saya lahir di Bandung. Maka kurang Jabar apalagi seorang Ridwan Kamil," kata Emil sambil diiringi sorakan dukungan dan tepuk tangan.

Meski dinilai terlalu dini, Ridwan Kamil mengaku deklarasi pencalonan Gubernur Jawa Barat tersebut merupakan waktu yang tepat. Bahkan, dia pun memberikan pantun di akhir pidato yang menyentil partai lain.

"Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Nasdem sudah deklarasi dahulu, kenapa partai lain masih banyak pikiran," tandas dia.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil
  • Nasdem
Artikel Selanjutnya
Idul Adha, Ridwan Kamil Safari ke Sukabumi
Artikel Selanjutnya
Regulasi Dihapus, Persib Janji Terus Mainkan Pemain Muda