Sukses

Janji Djarot di Pasar Jelambar

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyambangi Pasar Inpres Jelambar di Jakarta Barat. Dia berjanji melakukan revitalisasi pasar tersebut dan berencana membangun pasar yang di atasnya ada rumah susun (rusun) setaraf apartemen.

"Jadi ini kan masuk rencana untuk direvitalisasi, dibongkar. Dan, atasnya untuk apartemen, bawah pasar. Ini luasnya ada 6.000 meter persegi, cukup untuk pasar dan apartemen," ujar Djarot di Jakarta Barat, Selasa (21/3/2017)

Djarot mengatakan, dengan revitalisasi itu, maka ruang yang ada di Ibu Kota bisa dimaksimalkan, salah satunya ada pasar dan permukiman yang sehat.

"Misi kita adalah mengintegrasikan antara pemukiman dengan aktivitas ekonomi, salah satunya kan pasar," kata Djarot.

Cawagub petahana ini mencontohkan, pembangunan pasar terinterigrasi apartemen yang saat ini sedang dikerjakan adalah Pasar Rumput, Manggarai.

Namun, kata dia, memang ada sejumlah persoalan. Di masa lampau, pasar dibangun oleh swasta sehingga harga kios mahal. Sedangkan yang punya kios, adalah mereka yang berduit lalu disewakan.

"Sistem ini yang kita koreksi dan enggak boleh yang punya kios harus berdagang, dia enggak boleh mengontraknya ke orang lain. Kita yakinkan betul dia berdagang enggak, biayanya kita bisa gunakan," papar dia.

Djarot mengatakan, pembangunan pasar terintegrasi apartemen itu bekerja sama dengan Bank DKI.

"Itu kan BUMD, bisa kerja sama dengan Bank DKI. Kita bisa bangun sendiri. Ini dialami sama mereka (pedagang)," kata Djarot.

Para pedagang pasar gembira mendengar kabar tersebut. Mereka meminta kepada Djarot agar revitalisasi Pasar Jelambar benar-benar dilakukan.