Sukses

Djarot: Bukan Tak Setuju DP 0%, Kalau Terlaksana Senang Banget

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku senang jika program rumah calon Gubernur Anies Baswedan bisa benar terwujud. Dalam kampanyenya, Anies memiliki program DP 0 persen untuk kredit rumah bagi warga DKI Jakarta.

"Bukan enggak setuju, seneng banget kalau bisa dilaksanakan ya, kalau bisa dilaksanakan, terutama bagi warga kita yang mengontrak, seneng banget kalau memang bisa dilaksanakan," ujar Djarot di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (30/3/2017).

Namun persoalannya, dia mempertanyakan apakah program tersebut dapat dilaksanakan di Ibu Kota. Hal ini lantaran mengingat lahan yang ada sangat sedikit.

"Nah persoalannya bisa enggak itu dilaksanakan? Kalau pun bisa dengan lahannya Pemprov, kan mesti ada aturannya juga lahan itu untuk perumahan atau bukan ya, kita lihat daerah resapan atau bukan," papar pasangan dari cagub Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ini.

Menurut Djarot, kalaupun ada lahan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk perumahan tersebut, berapa banyak unit yang akan dibangun.

"Yang kami sampaikan supaya masyarakat bisa menilai mana program yang betul-betul bisa dilaksanakan, mana program yang hanya diawang-awang, yang hanya janji-janji, bukan kami enggak setuju, setuju kalau bisa," kata dia.

Djarot menambahkan, program rumah susun (rusun) untuk warga yang belum punya rumah dirasa tepat. Bahkan tahun ini, Pemprov DKI berencana membangun 10 ribu unit untuk keluarga tak mampu. "Nanti bisa kita survei kalau bener-bener enggak mampu bisa kita nanti ke rumah susun," ucap dia.

"Karena yang kita bangun terintegrasi dengan aktivitas sosial ekonomi, misalnya kita uji coba itu di Pasar Rumput, nanti ya kita akan bangun di Pasar Minggu, di terminal-terminal akan terintegrasi. Ini yang kami tawarkan dan sedang kita kerjakan," ujar Djarot.

Artikel Selanjutnya
Ahok Akan Percepat Program Sebelum Tinggalkan Balai Kota
Artikel Selanjutnya
Cerita Ahok dan Hunian bagi Warga Jakarta