Sukses

Kapolri: Tak Ada Massa dari Luar Jakarta saat Pilkada DKI 2017

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memastikan tidak ada pengerahan massa dari luar Jakarta untuk mengawasi jalannya pemungutan suara Pilkada DKI putaran kedua.

Menurut Tito, sejumlah Kapolda yang berbatasan dengan wilayah Ibu Kota sudah melakukan antisipasi pengerahan massa.

"Tidak ada. Sudah kita cek ke Kapolda Jabar, Kapolda Banten, kapolresnya juga begitu, Kapolres Bogor, Tangerang tidak ada mobilisasi massa dari luar Jakarta," kata Tito di Stadion Olahraga PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Meski demikian, Tito menegaskan, pihaknya tetap mewaspadai adanya potensi pergerakan massa ke Jakarta. Oleh karena itu, ia telah memerintahkan Kapolda yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Jakarta untuk terus memantau.

"Dan Polda ini juga tetap waspada dan saya sudah perintahkan kepada Kapolda di Jawa dan sebagian Sumatera untuk melakukan lokalisir masyarakat yang ada kepentingan pilkada di Jakarta," ucap Tito.

Sehingga, kata Tito, tidak terjadi gangguan keamanan di Ibu Kota sampai proses pencoblosan dan penghitungan suara sementara selesai dilakukan.

"Saya minta gunakan kewenangan diskresi untuk tidak ke Jakarta, karena akan mengakibatkan situasi yang kurang kondusif untuk Jakarta," terang Tito.



*Ikuti [Quick Count](http://quickcount.liputan6.com/ "") Pilkada DKI Jakarta dari tiga lembaga survei di Liputan6.com pada Rabu 19 April 2017.

Artikel Selanjutnya
Kapolri: Pantau TPS Tak Perlu Intimidasi Warga
Artikel Selanjutnya
4 Jurus Polri Hadapi Aksi Tamasya Al Maidah di Pilkada DKI