Sukses

KPU Kota Yogyakarta Tetapkan Haryadi - Heru Pemenang Pilkada 2017

Liputan6.com, Jakarta - KPU Kota Yogyakarta menetapkan pasangan calon nomor urut dua Haryadi Suyuti - Heru Purwadi, memenangkan Pilkada Yogyakarta 2017. Penetapan ini setelah rapat pleno pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih.

Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budianto mengatakan, rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih dilakukan sehari usai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Pilkada pasangan calon Wali Kota Yogyakarta nomor urut satu Imam Priyono dan Achmad Fadhli

Sembilan hakim MK menolak gugatan pilkada setelah MK menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada serentak 2017 pada Rabu 26 April kemarin di Gedung MK, Jakarta Pusat. KPU Kota Yogyakarta sudah menerima salinan putusan sidang MK dengan nomor 28/PHP. KOT-XV/2017 setebal 245 halaman.

"Berdasarkan berita acara pasangan nomor urut satu Imam Priyono - Ahmad Fadly mendapat 99.146 surat suara sah. Sementara nomor urut dua memperoleh 100.333 surat suara sah," ujar Wawan Kamis (27/4/2017).

Wawan mengaku bangga kepada pasangan calon Pilkada Yogya 2017, yang saat rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih juga dihadiri dua pasangan yang ada. Pasangan nomor urut satu Imam Priyono - Ahmad Fadly dan nomor urut dua Haryadi Suyuti - Heru Purwadi saling menjaga kondisi politik saat Pilkada 2017.

Bahkan, Haryadi yang memenangi suara sebanyak 50,3% tidak memperlihatkan kemenangan dengan berlebihan. Mantan wali kota dan wakil wali kota itu terlihat biasa menerima kemangan dan kekalahan.

"Rapat pleno memang tidak diharuskan datang para paslon, namun mereka datang ke sini dengan baik-baik. Sehingga ia berharap sikap ini dapat ditangkap sebagai proses pembelajaran politik dan pendewasan politik di kota Yogya," ujar dia.

Wawan mengungkapkan paska rapat pleno, Wali Kota dan Wakil Walikota Yogyakarta terpilih ditetapkan, KPU Yogyakarta akan segera menyampaikan hasil rapat pleno ke DPRD Kota Yogyakarta. Hasil penetapan akan diteruskan ke Gubernur DIY untuk pelantikan wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta terpilih.

Hasil rekapitulasi KPU Kota Yogyakarta paslon Imam -Fadhli mendapatkan 99.146 suara. Sedangkan paslon Haryadi-Heroe memeroleh 100.333 suara. Selisih suara kedua paslon ini 1.187 suara atau hanya sekitar 0,6 persen suara. Total pemilih dalam Pilkada Kota Yogyakarta adalah 298.989 suara dengan suara sah 199.479 dan suara tidak sah 14.355.

 

Artikel Selanjutnya
Golkar Jawa Barat Dukung Dedi Mulyadi Maju Pilkada Jabar 2018
Artikel Selanjutnya
Batas Penyerahan Aset Dua Pekan Lagi