Sukses

Cucu Sukarno Daftar Bakal Cagub Jawa Barat ke PDIP

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar penjaringan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jabar 2018. Salah satu yang sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon adalah cucu Presiden pertama RI Sukarno, Puti Guntur.

"Saya sengaja mendaftar diri pada Selasa 6 Juni 2017 bertepatan dengan hari lahirnya Putra Sang Fajar Bung Karno," ujar Puti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/6/2017).

Putri dari Guntur Soekarnoputra ini mengaku tidak akan menggunakan jalur khusus dan akan mengikuti prosedur umum untuk penjaringan Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diusung PDIP.

Tahap pertama yang harus dilalui Puti Guntur adalah pendaftaran yang dibuka oleh struktur partai mulai Pimpinan Anak Cabang (PAC), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) hingga Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Tahap kedua, verifikasi menyangkut data bakal calon yang mendaftar sesuai dengan Undang-Undang (UU) 8/2015 tentang Pilkada.

Tahap ketiga, bakal calon yang lolos verifkasi akan dilaporkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang nantinya akan dilakukan penyaringan melalui tes psikologi untuk meneliti integritas, kapabilitas serta kapasitas sampai tingkat kejujuran. Tahap keempat yakni penetapan.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Ahmad Basarah mengatakan, para bakal calon akan dianalisis tentang tingkat dukungan dan ketokohan. "Aspek soliditas partai, seandainya calon itu diusung, partai akan makin solid atau pecah," kata Basarah.