Sukses

Usung Lukas Enembe-Klemen di Pilkada Papua, SBY Utamakan Kader

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih Lukas Enembe sebagai bakal calon Gubernur Papua dan Klemen Tinal sebagai bakal calon wakil gubernurnya dalam Pilkada 2018. Keduanya merupakan pasangan incumbent atau petahana.

"Papua, calon gubernur yang diusung Demokrat adalah Lukas Enembe, gubernur incumbent. Calon Wakil Gubernurnya adalah Klemen Tinal, yang juga wakil gubernur incumbent," ucap SBY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Dia menegaskan, pasangan ini menunjukkan partainya tetap memberikan kesempatan kepada kader partai. Bukan outsourcing seperti yang disebut-sebut.

gKebanyakan kader yang ada, adalah gubernur dan wakil gubernur incumbent. Itu pasti kami usung. Contohnya Gubernur Papua, Gubernur Lampung, Wakil Gubernur Sumatera Selatan. Jadi kader Demokrat tetap prioritas," tegas SBY.

Adapun untuk Pilkada 2018 di dua wilayah lain pada bagian Timur adalah Maluku dan Maluku Utara juga mengumumkan hari ini. Untuk di Maluku, partai berlambang bintang mercy itu mengusung Burhan Abdurahman sebagai cagub dan Ishak Jamaluddin, sebagai cawagubnya.

"Untuk Maluku, calon gubernurnya Said Assagaff, ini incumbent. Untuk wakilnya, Andreas Rentanubun. Koalisinya Partai Demokrat, Golkar, dan PKS," kata SBY.

 

1 dari 2 halaman

Umumkan 17 Cagub-Cawagub

Demokrat hari ini mengumumkan 17 Cagub dan Cawagub yang diusung partainya. Adapun hal itu langsung disampaikan Ketua Umum Demokrat SBY.

Adapun 17 daerah yang dimaksud yaitu; Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, dan Lampung. Kemudian ada Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

Di wilayah tengah, Pilkada Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur. Kemudian disusul Sulawesi Selatan serta Sulawesi Tenggara.

Sedangkan wilayah timur ada Pilkada Maluku, Papua, dan Maluku Utara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Partai Demokrat Perintahkan Semua Kader Turun ke TPS Saat Pilkada
Artikel Selanjutnya
Usung Perubahan, Pasangan JOSUA Ingin Papua Cerdas