Sukses

SBY Usung Kader Sendiri di Pilkada Sumut 2018

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempercayakan kader sendiri untuk maju di Pilkada Sumatera Utara 2018.

Adapun calon yang diusung adalah Ketua DPD Partai Demokrat Sumut JR Saragih. Dia akan berpasangan dengan Ance Silihan yang merupakan anggota DPRD Sumatera Utara.

Demokrat pun berkoalisi denggan dua partai, yaitu PKPI dan PKB.

"Koalisinya Demokrat, PKB, dan PKPI," ujar SBY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Selain Sumut, SBY juga mengumumkan calon daerah lain. Untuk Lampung, SBY menyebut sangat dinamis dan bisa jadi pelajaran demokrasi Indonesia.

"Yang kami usung adalah kader kami M Rido Ficardo. Dia berpasangan dengan Helmi Hasan," ungkap SBY.

Sedangkan untuk Sumsel, lanjut dia, pihaknya mengusung Ishak Mekki. Dan wakilnya adalah Yudha Pratomo. Demokrat bekerja sama dengan PPP dan PBB di Pilkada Sumsel.

 

1 dari 2 halaman

Pakta Integritas Kader

Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan, pakta integritas selalu ada. Bahkan itu diterapkan kepada seluruh kader partai.

"Jadi pakta integritas itu berlaku kepada semua kader mulai dari yang DPC sampai DPP. Ada yang di eksekutif dan legislatif. Pakta integritas itu kami sebut lilin komando. Etikanya supaya dia nggak terjatuh," ucap Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu 7 Januari 2018.

Dia menuturkan, pakta integritas bukan untuk di luar kader partai. Meski ada calon yang diusung di Pilkada 2018 tidak bagian Demokrat.

"Saya katakan kader. Kader kami wajib untuk menyiapkan pakta integritas itu. Dia taat pada dirinya sebagai kader yang baik menghormati etika politik partai Demokrat," jelas Hinca.

Dia menegaskan, pakta integritas itu juga dibicarakan dengan parpol lain dalam mengusung. Namun, sekali lagi hanya untuk kader.

"Pakta integritas itu kan yang mengikat ke kami. Jadi kalau teman-teman partai lain kami dukung, kami berikan pemahaman bahwa diperlukan," pungkas Hinca.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Partai Demokrat Perintahkan Semua Kader Turun ke TPS Saat Pilkada
Artikel Selanjutnya
Calon Bupati Ini Lawan Kotak Kosong di Pilkada Enrekang 2018